Thursday, June 12, 2014

Tes Wawancara STIS

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

yg belum jawab salamnya dijawab dulu atuh :))
hohoho...

tanggal 21 juni nanti pengumuman tes STIS tahap 2...berasa lama ya?? deg-deg an yaa?? lolos ga ya??? hahaha

jadi kali ini aku mau sharing tentang pengalaman aku waktu ikut tes wawancara STIS 5 tahun yang lalu...duh udah ga muda lagi ya aku :')

hehe...jadi alhamdulillah saya lolos tes tahap 1 dan melanjutkan tes psikotes dan wawancara...
saya mendaftar di region jogja...jadi ya saya diwawancaranya di jogja juga...tepatnya di BPS Provinsi jogja di ring road selatan

apa aja yang musti disiapin?
jangan lupa sarapan... karena diwawancaranya itu lama...1 orang sekitar 1 jam :)
oiya pakaian kalian harus rapi...no sandal..no kaos oblong...no jeans..kalo bisa cowok pake kemeja yang dimasukkan.. jangan kemeja buat jalan...yang cewek juga..jangan over dandannya....biasa aja.. ;)

jangan cengengesan...jangan lupa senyum juga tapi...jangan serius2 amat...ngejawabnya yang tegas...jangan ragu2
posisi duduk...yang tegap...jangan banyak gerak...hehe

trus trus...didalem ruangan dulu ada 3 orang...yg satu perwakilan dari STIS yang 2 dari BPS provinsi...tapi yang aktif2 nanya yg perwakilan STIS...hehe..saya ingat...yg wawancarain saya dulu pak rifa...tp sekarang pak rifa udah ga di STIS lagi >_<

apa aja yang ditanya? banyak...
mulai dari pancasila, lambang negara, kenapa upacara itu penting, siapa yang paling deket ama kamu, keluargamu, BPS itu apanya STIS,kenapa pengen masuk STIS, kamu udah diterima di univ. mana aja, mau ga ninggalin univ. itu buat STIS, kenapa mau, gimana kalo nanti pas di STIS kamu ga punya temen, apa mau ditempatin di papua,dll..

dan diakhir wawancara akunya disuruh keluar bentar,,katanya sih buat mereka diskusi...
abis itu disuruh masuk lagi buat tandatangan tentang pernyataan2, jawaban2 aku yang udah dicatet ama penanya...

ga serem kok...pak rifa baik soalnya... :)
ya mungkin ada faktor bejo juga sih disini...kalo dapet penanya yg emang agak serem... wuusss...grogikan? ya udah...jalani aja dulu :))
jgn takut

good luck ;)

Artikel Terkait

7 comments:

  1. kaa, wawancaranya kira2 berapa lama?

    ReplyDelete
  2. tergantung dek.. dulu pas aku wawancara bisa setengah sampe satu jam.. tergantung penguji.. ada penguji yang suka ngajak ngobrol.. ada yang to the point.. :)

    ReplyDelete
  3. kak kalo wawancara menggunakan bahasa inggris atau indonesia?

    ReplyDelete
  4. Kak soal matematika nya soal soal yang sulit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak semuanya sulit, dari yg mudah hingga yg sulit ada,
      jangan lupa perbanyak latihan soal2, buku USM STIS yang resmi dijual oleh KOPMA STIS dan BPS Provinsi (stok terbatas)

      Link Pemesanan Buku USM STIS 2016

      Delete
  5. kak, kan sy lulus pmb stis jalur pmdk, sy udh lulus tes tahap 1 tinggal tes tahap 2. katanya di surat ini tes tahap 2 nya berupa tes tkd 4 hari trus tes kesehatan.berarti gk ada wawancara donngnya ya kak?apa wawancaranya masuk dalam tes tkd itu ya kak?

    ReplyDelete