Thursday, March 27, 2014

Contoh Soal dan Jawaban Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)


Berikut adalah contoh soal beserta jawaban dan pembahasannya yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.. hehe
*jika ada kesalahan mohon koreksinya, saya juga sedang belajar...semoga bisa lolos, dan jadi PNS yang baik ehehehe :)

Pancasila
  1. Rumusan Pancasila yang resmi terdapat dalam... Pembukaan UUD 1945
  2. Tata cara mengucapkan Pancasila pada upacara-upacara resmi ditetapkan pada...TAP MPR No.I/MPR/1983
  3. Pancasila sebagai Dasar Negara kita tedapat dalam pembukaan UUD 1945 yang ditetapkan pada tanggal...18 Agustus 1945
UUD 1945
  1. UUD 45 dirancang oleh suatu badan yang dibentuk oleh bala tentara jepang pada tahun 1945 yaitu BPUPKI
  2. kondisi dinamik suatu bangsa berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan baik yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mengejar tujuan nasional, disebut dengan ketahanan nasional
  3. tujuan pembangunan nasional adalah mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spirituil berdasarkan Pancasila dan UUD 45
  4. sistem pemerintahan negara menurut UUD 1945 pada hakekatnya merupakan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, penyelenggaraan kekuasaan eksekutif yang kekuasaan dan tanggung jawabnya ada pada Presiden
  5. kekuasaan kehakiman menurut UUD 45 Amandemen tercantum pada Pasal 24
  6. kekuasaan kehakiman menurut UUD 45 Amandemen adalah Mahkamah Agung
  7. yang dimaksud undang-undang dasar menurut UUD 45 adalah konvensi
  8. UUD 45 telah di amandemen 4 kali
  9. UUD 45 pasal 26 (1), warga negara adalah 
    • yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan undang-undang sebagai warga negara
  10. pasal yang tidak pernah diamandemen adalah pasal 35 mengenai bendera negara
  11. Badan Pom dipimpin oleh kepala (sumber http://jdih.pom.go.id/showpdf.php?u=146)
  12. DPD bersidang minimal berapa kali dalam setahun? sekali dalam setahun (pasal 22c ayat 3)
  13. indonesia bergaul dengan bangsa-bangsa diseluruh dunia atas dasar persamaan martabat dan derajat merupakan penerapan pancasila sila ke 2 (kemanusiaan yang adil dan beradab)
  14. Bunyi Alinea Pertama UUD
    • bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
  1. kewenangan pemerintah dan kewenangan provinsi sebagai daerah otonom diatur dalam PP No.25 Tahun 2000
  2. Menurut seorang ahli, James R. Anderson(1978) yang dimaksud dengan perilaku dari sejumlah aktor pemain kelompok instansi pemerintah atau serangkaian aktor dalam suatu bidang kegiatan tertentu adalah kebijakan
  3. Langkah kebijakan energi yang dilakukan dengan meningkatkan efisiensi pemakaian energi dengan mengembangkan dan memanfaatkan teknologi hemat energi baik di sisi hulu meupun di sisi hilir yaitu konversi
  4. Siapa yang menyusun PROPENAS? Presiden dan DPR
  5. Kebijakan Pemerintah sehubungan dengan upaya privatisasi BUMN pada saat ini apabila dikaji secara mendalam dapat dipahami bahwa tujuan utamanya adalah mewujudkan efisiensi birokrasi
  6. Pergerakan Budi Utomo sebagai tonggak awal sejarah perjuangan nasional didirikan pada 20 mei 1908
  7. Peraturan perundang-undangan yang dibuat dalam hal ihwal kegentingan memaksa adalah Perpu
  8. Menurut UU nomor 22 tahun 1999 diantara kewenangan pemerintah pusat yang tidak diotonomikan adalah  Pertahanan
  9. jumlah anggota komisi yudisial adalah 7 orang
  10. desentralisasi adalah penyerahan kewenangan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah untuk mengurus urusan rumah tangganya sendiri berdasarkan prakarsa dan apirasi dari rakyatnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
  11. prinsip otonomi ?
    1. Nyata, otonomi secara nyata diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi obyektif di daerah. 
    2. Bertanggungjawab, pemberian otonomi diselaraskan/diupayakan untuk memperlancar pembangunan di seluruh pelosok tanah air. 
    3. Dinamis, pelaksanaan otonomi selalu menjadi sarana dan dorongan untuk lebih baik dan maju.
  12. Negara Indonesia berdasar atas hukum (rechtstaat), tidak berdasar atas kekuasaan belaka (pilihan ganda yg lain -> lembaga negara, kedaulatan rakyat, MPR)
  13. Pemerintah berdasar atas sistim konstitusi(hukum dasar), tidak bersifat absolutisme, yang dimaksud absolutisme adalah kekuasaan yang tidak terbatas
  14. presiden ialah penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi di bawahnya MPR
  15. presiden ialah penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi, sehingga menjalankan roda pemerintahan dengan cara consentration of power and responsibility upon the president. apa yang dimaksud istilah diatas dalam menjalankan pemerintahan negara kekuasaan dan tanggung jawab adalah di tangan presiden
  16. meskipun kepala negara tidak bertanggung jawab terhadap DPR, ia bukan diktator. artinya kekuasaan tidak tak terbatas
  17. presiden ialah kepala kekuasaan executif dalam negara. untuk itu presiden memiliki pouvoir reglementair. apa maksudnya kekuasaan untuk menetapkan peraturan pemerintah
  18. kekuasaan kehakiman adalah kekuasaan yang merdeka artinya terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah
  19.  Prof L J Van Apeldoommenyatakan bahwa dalam istilah negara terkandung berbagai pengertian, antara lain penguasa, yang menyatakan lembaga-lembaga yang melaksanakan kekuasaan pemerintahan dalam arti luas 
  20. Bentuk Negara monarki konstitusional lahir dari perjanjian masyarakat berdarkan pikiran yang dilontarkan John Locke 
  21. Rakyat sebgai salah satu unsur dari negara pada hakikatnya adalah sekumpulan orang yg menurut hukum menjadi warga negara
untuk contoh soal yang lain bisa dilihat disini :

Artikel Terkait

443 comments:

  1. assalamu'alaikum, wr,wb
    mbk...saya izin copy yang TIU.saya boleh minta softcopy untuk semua contoh soal cpns yang mb punya?spt TIU, TKP dan TWK nya. jazakillah ya mbk atas bantuannya.emailnya :esya_chem@yahoo.com.
    mbk punya facebook?mb bleh add sy anika utsukushii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dong di share kembali mbak disini email www.petrasrgh@gmail.com
      Makasih yaa

      Delete
  2. waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
    sama2 :)
    silahkan cek email, semoga membantu ya.. >_<

    ReplyDelete
  3. Jeng, boleh minta softcopy semua contoh soal cpns yang kamu punya dikirim ke m.windr3la@gmail.com

    matur nuwun... :)

    ReplyDelete
  4. mb bisa minta softcopy semua contoh soal cpns yg kamu punya??
    tlg kirim ke rahmawati.kusuma@rocketmail.com

    tq :D

    ReplyDelete
  5. ke email saya jg dong non..pgn belajar jg nih..
    denysnugroho466@gmail.com
    nuhun..

    ReplyDelete
  6. boleh saya minta kumpulan soalnya mba, buat nambah pengetahuan dan wawasan
    nanasetiana001@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  7. boleh minta softcofy g mbak....edhet29@yahoo.co.id
    thanks sblmnya

    ReplyDelete
  8. boleh minta softcopy semua contoh soal cpns nya gak mba.. jamalnuari62@yahoo.co.id.
    trmakasih..!!!

    ReplyDelete
  9. boleh minta softcofy gak mbak. tyo.wardoyo@yahoo.com
    trims sblumnya

    ReplyDelete
  10. boleh mnta hal yg sama pula kha ???
    makasih
    wira.fanny@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Kak seperti yg diatas bolehminta soalnya? Email: 30a1bw@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Mkasih kak sebelumnya..

    ReplyDelete
  13. mbak minta softcopy.y juga ya mbak...ciichaerun@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. mb' minta softcopynya bleh y ??? ariniarlan2311@gmail.com
    makasih sblumx...

    ReplyDelete
  15. mba sy minta softcopynya jga ya mbk emailku hendirenaldo@yahoo.co.id trimakasih sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak, mnta softcopy nya blehh? adeirma5949@yahoo.co.id.. m'kasih bgt, mbak.. ^_^

      Delete
  16. :D alhamdulillah terbantu banget baca tulisan mba......dhani0293@gmail.com :D

    ReplyDelete
  17. wah, mantep. boleh saya minta contoh soalnya mbak? saya nyari tapi belum dapat yang bagus.

    ditanadiaputri@gmail.com. terima kasih banyak sebelumnya! :"D

    ReplyDelete
  18. Ass, saya juga minta ya mba ke lauraaurien@gmail.com , semoga mba dpt keberkahan dari sang kuasa amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
      aamiin :)
      silahkan cek email,

      Delete
  19. Assalamualaikum..
    saya jg yaa mba tolong share softcopy hengki_16@yahoo.com. Terima Kasih.. semoga mba sukses tes CPNS nya..

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum..
    minta softcopy-nya buat dipelajarin dong mba projectzero94@yahoo.com
    terimakasih atas bantuannya mba.. :)

    ReplyDelete
  21. mba saya mau softcopynya juga ya mba, emailku: sala.aj@gmail.com
    terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  22. mohon dishare jg mba soft copy soal2nya ke teddy.friantz@gmail.com

    terima kasih..

    ReplyDelete
  23. Mbk saya jg mau
    desi.lestari06@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Asslkm..mbak aku jga minta softcopy soal2 ny...ne emaik ak..dewi081234@gmail.com trmksh ya mbak..ditunggu

    ReplyDelete
  25. Mbak jika berkenan sy minta softcopy soal2nya yh..mkasih..adityaxmahendra@gmail.com

    ReplyDelete
  26. assalamualaikum mbak, minta softcopynya boleh? ke DeeCheniel@gmail.com
    terimakasih banyak ({}) :)

    ReplyDelete
  27. Mbak ,m"f jika berkenan sy minta softcopy soal2nya yh..mkasih.. a.taufikhidayat@gmail.com

    ReplyDelete
  28. mas saya boleh dikirim softcopy nya
    apliana.lakajala@yahoo.co.id

    terima kasih banyak ya mas,
    mohon doanya..

    ReplyDelete
  29. mba bisa minta soal2 cpnsnya...email saya wahyureza90@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Assalam. Minta soft copynya dong mba'
    aa.math06@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh
      sama2..sent ya

      Delete
  31. assalmualiakum mba maaf saya boleh minta dicopyin jg
    Dinilahfitrihanif@yahoo.com

    ReplyDelete
  32. assalamu'alaikum...mbak, saya dikirimi juga ya oedzank89@gmail.com..hatur nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh
      sudah ya, sama2

      Delete
  33. mb bisa minta softcopy semua contoh soal cpns yg kamu punya kah??
    tlg kirim ke rizkha.sefril@yahoo.com
    trima kasih yaa,,,,

    ReplyDelete
  34. assalamu'alaikum...mbak, saya dikirimi juga ya ilmi_u1n@yahoo.com......Terima Kasih Banyak Sebelumnya

    ReplyDelete
  35. assalamu'alaikum...mbak, saya dikirimi juga ya afdil07@yahoo.com ......Terima Kasih Banyak Sebelumnya dan semoga mbak juga sukses dalam usahanya. Amiin

    ReplyDelete
  36. mbak/ms terimakasih atas postingannya, sangat bermanfaat n semoga berkah.. oya minta softcopynya ya mbak/mas?? bisa dikirim ke a.f.setyawan@gmail.com
    maturnwun sebelumnya, n salam sukses

    ReplyDelete
  37. Assalamu'alaikum mb...
    mb saya mau jga donk di kirim softcopy cnth2 soalnya..
    tolong mb ke email saya resijupirna@ymail.com
    makasih ya mb.....

    ReplyDelete
  38. sist kirim soft copy juga yach, he... indahdewirahmawati[at]gmail.com

    ReplyDelete
  39. Assalamu'alaikum Mb...
    saya juga minta softcopy contoh soal-soalnya ya Mb...
    ini email saya Mb cusagi21@yahoo.com
    makasi ya Mb...

    ReplyDelete
  40. boleh minta softcopy semua contoh soal cpns nya gak mbak... kirim ke email: dayatbio@gmail.com
    trmakasih..!!!

    ReplyDelete
  41. boleh dikirim ke email saya ya mbak: lelisiantar@gmail.com
    Makasih mbak ;-)

    ReplyDelete
  42. Boleh dikirim ke email saya mbak yg TKW,TIU DAN TES KEPRIBADIAN dan beserta pembahasannya
    email : muhammad.nashir57@yahoo.com
    Mksh bnyk

    ReplyDelete
  43. Kakak,,,
    saya juga mau donk softcopynya...
    Emailnya: serwin.zalukhu@yahoo.com
    makasih banyak ya kak

    ReplyDelete
  44. Bagi donk soft copy twk nya,
    Inggit_septianinggrum@yahoo.com
    Trimaksh byk

    ReplyDelete
  45. Ass.. Tolong mba yaah minta softcopy ke ichsanisichan@rocketmail.com thanks :)

    ReplyDelete
  46. mba saya jg mau softcopy nya minta tolong ya mbk kirim ke moneyhot80@yahoo.co.id terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. moneyhot80@yahoo.co.id maaf mba salah ketik

      Delete
  47. Permisi mbak sofwarenya boleh kirim ke bachrie.rubby@gmail.com ? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  48. makasih banyak lo mbak dah ngebantuin teman2 (termasuk sy) yang berharap bs jebol pns thn ni..:) bs tlg dikirimkan mbak soft copynya ke merry.marda.julita@gmail.com. Semoga sukses..:)

    ReplyDelete
  49. permisi mbak, boleh minta softcopynya ke alamat iendz.arta@yahoo.com, terima kasih banyak mbak.

    ReplyDelete
  50. mbak.. minta tolong dikirimkan soft copinya ke email saya ya :marvinamalau@yahoo.co.id. terima kasih.

    ReplyDelete
  51. Mantap gan, sangat membatu dalam belajar
    Slam
    visit back http://www.indoamaterasu.com/

    ReplyDelete
  52. permisi mbak...saya boleh minta soft copynya ke alamat ongki_herdiana@yahoo.com, terima kasih banyak ya mbak..

    ReplyDelete
  53. permisi mba. say minta softcopy soal dan pembahasannya jg mb. Kirim ke imel saya defywulandari@ymail.com Mkasih mba ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2...sudah ya yg diatas komen ini jg insyaAllah sudah :)
      *kecuali kalo kelewatan :)) *

      Delete
  54. Mbak jika berkenan sy minta softcopy soal2nya yh..mkasih..sahadewa.gallery@gmail.com

    ReplyDelete
  55. selamat malam mbak... saya lina
    saya boleh minta softcopy soal2nya mbak?
    in alamat email saya windsakura01@gmail.com
    terima kasih mbak selamat malam

    ReplyDelete
  56. saya juga mau dong mbak softcopy nya rifdhairpaneri@ymail.com
    makasi ya mbak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2..sudah ya
      yg diatas komen ini jg insyaAllah sudah :)
      *kecuali kalo kelewatan :)) *

      Delete
  57. Assalamu'alaikum mbak beruang tidur. bolehkah saya ijin copy soal, materi dan softcopy yang mbak punya untuk persiapan saya. jika di ijin kan ini email saya bee.elemental@gmail.com

    jzk khoir mbak ats share'y

    ReplyDelete
  58. mba bole saya minta soft copy materinya mba???
    ni alamat email akusmangat@gmail.com...
    makasih mba....;)

    ReplyDelete
  59. assalamualaikum mba, boleh minta softcopy latihan soalnya? ini alamatnya isa.kelasa@gmail.com
    makasih mba..
    wassalamualaikum wr wb :)

    ReplyDelete
  60. Assalammualaikum.wr.Wb
    Mbak, bolehkah saya ijin copy soal, materi dan softcopy yang mbak punya untuk persiapan saya. jika di ijin kan ini email saya lelita_md@yahoo.co.id
    Terima kasih mbak sebelumnya.

    Wassalammualaikum.Wr.Wb :)

    ReplyDelete
  61. Jeng, boleh minta softcopy semua contoh soal cpns yang kamu punya dikirim ke Rafly1093@gmail.com

    Makasih sebelumnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2..sent ya
      yg diatas komen ini jg insyaAllah sudah
      *kecuali kalo kelewatan hehe

      Delete
  62. Mba minta soft copy nya Soal2 TWK DAN TIU.Asfryangry@gmail.com...maksihhhhhh banyak sbelumnya

    ReplyDelete
  63. Asw, mbak, boleh nggak saya juga ikutan minta contoh-contoh soal cpns mbak dan softwarenya juga kalo ada ... Email saya: Sha.dira@ymail.com.
    Syukron :)

    ReplyDelete
  64. boleh minta soal2nya ke udinpetot1963@gmail.com mbak

    ReplyDelete
  65. ass................mba minta tolong dong kirim jg ke saya semua soal2x yang mba punya. ke e-mail : sapriadi88@yahoo.co.id !!! makasih......

    ReplyDelete
  66. assalamu alaikum, minta tolong dong kirim juga ke taufiqismail444@gmail.com. mkasih.

    ReplyDelete
  67. assalamu alaikum, minta tolong dong kirim juga ke l2c008100@gmail.com. mkasih

    ReplyDelete
  68. Assalammualaikum... mbak saya boleh mintak softcopy kisi-kisi soal tes cpns? ni email saya... rezaelbarca@gmail.com

    ReplyDelete
  69. aslamualaikum mab...boleh minta softcopy untuk semua contoh soal cpns yang mb punya? email saya asmina_harahap@yahoo.com

    ReplyDelete
  70. Assalammualaikum...
    Mohon izin dan minta softcopy untuk semua contoh soal cpns yang mba punya juga ya mba yaa..hehe :D
    Ini email saya mba :
    anwar_kalteng@ymail.com
    awayy007@gmail.com
    Sebelumnya saya ucapakan banyak2 terimasih ya ma yaa..
    Semoga mba sukses selalu..Aamiin..

    ReplyDelete
  71. Assalamu'alaikum...
    Minta tolong dikirim softcopynya ukhti
    jilbab.swarna@gmailcom
    Terima kasih banyak semoga Allah SWT memberian rizk yg banyak untuk ukhti
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam warohmatuulahi wabarokatuh
      aamiin..sama2..udah ya
      yg diatas komen ini jg insyaAllah sudah
      *kecuali kalo kelewatan hehe

      Delete
  72. Mbak, q juga minta contoh soal2 cpns nya donk.. :)
    tolong kirim kesini ya --> muhammadniam@rocketmail.com

    ReplyDelete
  73. Halo mbak. Salam kenal. Tulisannya sungguh bermanfaat. Jikalau berkenan mohon soal2 TKD beserta pembahasannya bisa dikirim ke email saya. Email: yohanda.andreas@yahoo.com
    Terima kasih banyak. Salam.

    ReplyDelete
  74. Mlm mba'... Tulisnx sngat brmnfaat buat sy...bisa minta sub copynya g'.. Ini emal sy... roberlimbongan@ymail.com
    Trima kasih sebelumx..

    ReplyDelete
  75. boleh saya minta kumpulan soalnya mba, buat nambah pengetahuan dan wawasan
    bensonsirait@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  76. Assalamu'alaikum.. tulisannya sangat bermanfaat sekali mba, bolehkah saya minta dikirim email kumpulan soalnya juga? email saya : haga.santosa@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  77. ngak bisa di download mbak

    ReplyDelete
  78. mbak, saya juga mau soft copynya ya.. dedekfafa@gmail.com
    makasih...

    ReplyDelete
  79. Mksh mbak, tulisannya bermanfaat,
    minta softcopy soalnya yh mbak, :)
    fazriah91@gmail.com

    ReplyDelete
  80. salamu'alaikum.. saya boleh minta softcopy nya mba. Kalo berkenan ini email sy : rat_ran@yahoo.co,id.
    Terimakasih :)salamu'alaikum.. saya boleh minta softcopy nya mba. Kalo berkenan ini email sy : rat_ran@yahoo.co,id.
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  81. alhamdulillah nemu blog ini :) mbak, boleh minta softcopynya juga ke email saya hananoverra@gmail.com jazakallah mbak :)

    ReplyDelete
  82. pagi mbak. mbak, saya boleh minta softcopy untuk semua contoh soal cpns yang mb punya?spt TIU, TKP dan TWK nya. email saya: vicafriska@ymail.com. terima kasih atas bantuannya mbak. :)

    ReplyDelete
  83. Semangat pagi..
    boleh saya minta softcopy nya ?
    kirimin ke email saya ya..
    adisanropurba@gmail.com

    ReplyDelete
  84. mau juga dong mbak, ke widawida90@gmail.com
    makasih sebelumnya ;)

    ReplyDelete
  85. Bisa tolong dikirimkan keep email saya juga?? ? q4some1@yahoo.com. terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  86. Sy minta soft copynya juga.
    dsitinurain@gmail.com

    Makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  87. assalamualaikum...
    Saya minta kumpulan file soal2nya jg ya mb
    lifygirls@gmail.com
    terima kasih banyak atas bantuannya

    ReplyDelete
  88. mbak boleh donk softcopy nya. emailnya lailaturrohmah01@gmail.com. makasih

    ReplyDelete
  89. Sy minta soft copynya juga.
    tommylangkis@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  90. mbk sy minta softcopynya jga ya mbk emailku andrianto_1986@yahoo.com trimakasih sblmnya ya mbk..

    ReplyDelete
  91. Assalamu'alaikum wr.wb..
    Mbak saya tolong dikirimi sopkopinya yaa...
    Email : agusfang2012@gmail.com
    Terima Kasih...

    ReplyDelete
  92. Assalamu'alaikum wr.wb..
    Mbak saya tolong dikirimi softcopynya juga ya.
    Email : ritafebriana@rocketmail.com
    Terima Kasih...

    ReplyDelete
  93. Assalamu'alaikum wr.wb..
    Mbak saya tolong dikirimi softcopynya juga ya.
    Email : varelziko@gmail.com
    Terima Kasih...

    ReplyDelete
  94. Assalamu'alaikum wr.wb..
    Mbak saya tolong dikirimi softcopynya juga ya.
    Email : koisora.hairunnisa@gmail.com
    Terima Kasih...hehe :D

    ReplyDelete
  95. Mbak kirimin dong softcopynya....
    email : jhelly.kumambong@gmail.com

    Makasih.... :)

    ReplyDelete
  96. Mba,saya juga mau softcopy nya ya..di kirim ke merlyn.tueno@gmail.com
    mohon dibantu yaa.hehehee...

    ReplyDelete
  97. Mbak, saya minta softcopynya juga, semua soalnya CPNS sama pembahasannya, tolong dikirim ke email naganraya82@gmail.com,, mohon dibantu mbak...

    ReplyDelete
  98. mb bisa minta softcopy semua contoh soal cpns yg kamu punya??
    tlg kirim ke benisucipto11@yahoo.co.id

    terima kasih

    ReplyDelete
  99. Assalamu'alaikum mbak...tolong kirim ke sy jg ya semua contoh soal +pembahasan yaya2789@gmail.com
    *always keep beruang* :) thx a lot....

    ReplyDelete
  100. Assalamu'alaikum mbak.....blh minta tlong kirim softcopy contoh soal2 cpn+pembahasan ke rahimah_hamid@yahoo.com .....jazakillah khoirunkhosiro'.....

    ReplyDelete
  101. dwisetiawan120591@gmail.com..
    yg sudah punya filnya juga,,sya mohon dikirimkan materinya

    ReplyDelete
  102. mohon minta tolong mbak kirim ke email saya juga idabagusindratara@hotmail.com terimakasih. bagi yang sudah punya juga saya minta tolong

    ReplyDelete
  103. Assalamu'alaikum mbak.....blh minta tlong kirim softcopy contoh soal2 cpn+pembahasan ke ockhenthelucky@gmail.com

    ReplyDelete
  104. mbak,, minta softcopynya ya..
    faisal_spdi85@yahoo.co.id
    makasih ya...

    ReplyDelete
  105. mbak, tolong kirimin ke email saya juga yah amandaginting@gmail.com
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  106. salam. makasi uda mau berbagi ilmunya, moga nda mendapat berkah dan keutamaan dari sang mha kuasa.
    sy minta tolong dikirimkan contoh soal semuanya, di alamat
    rohsuci.anto@yahoo.co.id

    makasi seblumnya. wassalam

    ReplyDelete
  107. kalau bisa saya minta kirimkan juga contoh soalnya ke alamat trisnawati.br.tarigan@gmail.com

    ReplyDelete
  108. assalamualaikum mbak..
    saya minta contoh soal cpns seluruhnya mbak
    ke alamat andikarizkirohandi@gmail.com

    terimakasih sebelumnya
    semoga dapat dilancarkan dan lulus dalam cpns mbak.. aminnnn

    ReplyDelete
  109. mbak saya juga mau dong softcopy seluruhnya ke githa_badyi@yahoo.com
    makasih banyak mbak

    ReplyDelete
  110. mbak saya juga mau dong softcopy TWK, TIU dan TKP nya ini ymail saya fitrimardewita99@gmail.com

    ReplyDelete
  111. mba minta soft copy ny jg dunk, boleh y...
    hehehe...
    mhdsariamansyah@gmail.com
    thanxu mba...

    ReplyDelete
  112. Mba minta softcopynya yaa via email khanza.adiena@gmail.com matur suwun

    ReplyDelete
  113. Assalamualaikum,
    mbak, saya boleh minta softcopy TWK sama TIU sama TKPnya mba?
    ini e-mail saya veggyarman@yahoo.co.id :)
    terimakasih mba:)

    ReplyDelete
  114. mba minta soft copy ny jg dunk, boleh y...
    hehehe...
    tahta.mashud@gmail.com
    thanxu mba...

    ReplyDelete
  115. Mba sy minta soft copi nya donk mba..ditunggu ya...trmksh

    ReplyDelete
  116. Lupa ngasi alamat email...dsini say okta.siskaningtyas21@gmail.com
    Trmksh mba

    ReplyDelete
  117. Mbak saya org yg ntah keberapa minta tolg softcopy contoh soalnya dikirim ke. Padangluhong@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
  118. Asslmualaikum mba,,,
    saya juga mau donk softcopynya mba...
    Email saya:
    syahrun.edwar@yaho
    o.com
    makasih banyak ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASKUM MB,,
      boleh jg donk sy dkirm coftcopy TKP, TIU, TWK nya ke email pujy_lestari28@yahoo.com
      tak tunnggu ya mb,,cz ni pertama kali sy ikutan tes...
      mksh.smg bermanfaat.amin

      Delete
  119. Assalamualaikum,, sy juga minta tolong kirimin softcopy ny mb, sebelum dan sesudah nysy ucapkn terima kasih.. fahriani2786@gmail.com

    ReplyDelete
  120. Assalamu'alaikum mbk,,mbk,,sy jg mnta tlong krimin softcopy soal TWK,TIU n TKP ny dunk mbk,,smga kbaikan mbk mmbwa berkah,,Aamiin Yaa Rabb..terimaksih sblumny y mbk..email sy dinni_fajrina@yahoo.com

    ReplyDelete
  121. Assalamu'alaikum mbk,,kalo boleh sy jg mnta tlong krimin softcopy soal TWK,TIU n TKPnya donk mbk,,hehehhe...alamat email saya : hartatimuetz@yahoo.co.id terimakasih sebelumnya mba....^_^

    ReplyDelete
  122. Assalamu'alaikum..
    mbak kalo boleh saya juga minta softcopy nya soal TWK, TIU, dan TKP nya ke alamat email saya
    niambaskoro@gmail.com
    terimakasih, mohon maaf bila ngrepotin...

    ReplyDelete
  123. Aslm..mbak boleh dong minta softcopy nya..(TWK,TIU dan TKP)..alamat emailnya risma.fidiyanti@yahoo.co.id.....terima kasih banyak yaaaa,,,,, :D

    ReplyDelete
  124. Assalamu'alaikum..
    mbak kalo boleh saya juga minta softcopy nya soal TWK, TIU, dan TKP nya ke alamat email saya
    boby.fisheries@gmail.com
    terimakasih, mohon maaf bila ngrepotin

    ReplyDelete
  125. assalamualaikum..
    mbak kalo boleh, saya juga minta softcopy soal TWK, TIU, dan TKPnya ke rinda.maya@gmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  126. assalamualaikum..
    mbak kalo boleh, saya juga minta softcopy soal TWK, TIU, dan TKPnya ya mba..
    terima kasih sebelumnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamat email saya fiddiyarahmadyanti@gmail.com

      terimakasih anyak ya mba :)

      Delete
  127. idem mb sama mb yg diatas,,saya juga boleh dikirim contoh soalnya,,,buat belajar coz tggal 8 tes cpns nya,,
    email saya,,ilham31@gmail.com

    ReplyDelete
  128. Mba aku boleh dongk softcopynya mw bwt blajar.....
    Terima kasih mba
    Ylarope.yenny.larope@gmail.com

    ReplyDelete
  129. Assalamu'alaikum,

    mbak boleh minta softcopynya? kalo boleh ini emailku : am.elcommpublic@gmail.com

    Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  130. Mbak boleh minta softcopynya, kalau boleh kirim ke penglipuran@gmail.com, makasi sebelumnya.

    ReplyDelete
  131. ini pada ga baca tulisan ampe abis ya? :'(
    pdahal udah dikuning2in juga...

    isiannya udah aku update..jadi ga perlu kasih alamat email..
    udah ada diatas linknya huhu..

    ReplyDelete
  132. Selamat Sore Sist...,
    Boleh minta softcopy yaa..,
    kirim ke alamat ini yaa sist..
    juniaszaluchu@yahoo.com

    Makasih yaa sist :)

    ReplyDelete
  133. mba bagi dunk soal tkp dan twk-nya tolong kirimkan ke dovan.putra@yahoo.co.id thx ya

    ReplyDelete
  134. assalamualaikum, mbk minta contoh soal yg lainn donk, bisa kirim ke email jihansahidah@gmail.com

    ReplyDelete
  135. Assalamu'alaikum mbk,,kalo boleh sy jg mnta tlong krimin softcopy soal TWK,TIU n TKP ya mbk.. alamat email saya : akuaku.apin@gmail.com

    ReplyDelete
  136. assalam alaikum...
    mbak boleh sy minta d kirimin softcopy kumpulan soal twk tiu dan tkp nya
    email: ekasarimusliy@ymail.com

    ReplyDelete
  137. mbak ,bole sy minta di kirim softcopynya,mengenai soal2 twk,tiu,dan tkp nya.
    email : hutumi@yahoo.co.id
    terima kasih

    ReplyDelete
  138. Ass. Saya bagi Softcopynya yach mbk..alfi.stamayo@yahoo.co.id. Makasih, semoga Allah membalas kebaikan mbk, amien...

    ReplyDelete
  139. ass, mbak boleh minta softcopy kumpulan soal? trims sebelumnya yuaa

    ReplyDelete
  140. Ass, met sore mba! alhamdulillah sy sangat terbantu sekali dengan kumpulan soal'y...insya Allah sy mau ikut tes hati jum'at bsk, boleh minta softcopy'y gak mbak? bunda.alghazali@gmai.com hatur nuhun yuaa

    ReplyDelete
  141. Purwaningsi001@gmail.com
    Mbk kirim jg dunk.makasi sebelumnya

    ReplyDelete
  142. minta ya mbak semua soal dan jawaban
    prihanto_bangun@yahoo.com

    ReplyDelete
  143. Asmlkm mba dan para pembaca blog ini. Jika berkenan membantu dan ada waktu, bagi yang sudah dikirim contoh semua kisi kisi soal CPNS, bisa membantu mengirim contoh soal tersebut kepada pembaca yang belum mendapatkannya dan semoga menjadi amal ibadah dan kebaikan didunia. Amin. Wslmkum.

    Jakacheryl22@gmail.com

    ReplyDelete
  144. saya iri dengan diatas. saya juga ingin minta soal cpns.
    ini alamat saya mbak waehaawahyuadi2gmail.com

    mkasi

    ReplyDelete
  145. tolong dikirim ke husnitanjung27@gmail.com terimakasih semoga sukses,,,,

    ReplyDelete
  146. Asslamualaikum mba,,
    mba saya boleh minta dikirimkan softcopy latihan soalnya..
    untuk saya latihan semoga bisa ketrima tahun ini,, aamiin

    bisa kirimkan ke email saya : imel.poe@gmail.com

    terima kasih banyak sebelumnya ya mba :)

    ReplyDelete
  147. Aslm, bleh mnta mba soft cpy soalnya, klu bleh mhon krimkan ke email saya yoga.aristia2014@gmail.com
    Trima ksih sebelumya, wsalam

    ReplyDelete
  148. Asslamualaikum mba,,
    mba saya boleh minta dikirimkan softcopy latihan soalnya..
    untuk saya latihan semoga bisa ketrima tahun ini,, aamiin

    bisa kirimkan ke email saya : imamwahid6894@yahoo.com

    ReplyDelete
  149. assalamualaikum,,
    mba, saya bole minta softcopy soal-soalnya..alamat email saya tgkputri@ymail.com
    makasih sebelumnya mbaa, sukses selalu

    ReplyDelete
  150. Assalamualaikum mbak boleh minta softcopynya ini alamat sya
    liadewikristiana@gmail.com

    ReplyDelete
  151. sore mbak, boleh minta softcopy nya? kalo boleh minta tolong kirim ke sini arie_A1213BY@yahoo.com
    makasi mba

    ReplyDelete
  152. tolong di kirim mba softcopy nya ke email sy ya mba terima kasih

    live.kusuma@gmail.com

    ReplyDelete
  153. ass, mba boleh kirim soaL TIU, TWK, TKP ke email dyahtriharsih@yahoo.com
    makasih sudah membantu ya mba ^.^

    ReplyDelete
  154. assalamualaikum..
    mbak kalo boleh, saya juga minta softcopy soal TWK, TIU, dan TKPnya ya mba.. tymighty10@yahoo.co.id
    terima kasih sebelumnya ya mba...

    ReplyDelete
  155. Mbak saya juga minta softcopynya...... dewiflywin@yahoo.com trimakasih sebelumnya..... semoga Alloh melimpahkan rahmad-Nya untuk mbak dan kita semua aamiin.....

    ReplyDelete
  156. Mbak boleh minta softcopy semua soal cobanya??mailku di trie250784@gmail.com
    Makasih banyak

    ReplyDelete
  157. Assalamulaikum.wr.wb selamat pagi Mbak, bisa minta softcopinya TIU,TKP,TWk endisukses@gmail.com Terima Kasih Mbak

    ReplyDelete
  158. Haii, Mbak..
    Minta softcopy cemuah soal2nya ya clo blh di nennyzebua@gmail.com


    makacii, mbak

    ReplyDelete
  159. assalamualaikum wr.wb
    boleh minta soal2 cpns yang mbak punya
    bams.dwip@gmail.com
    makasih....

    ReplyDelete
  160. assalamu'alaikum, wr,wb
    mbk...saya izin copy yang TIU.saya boleh minta softcopy untuk semua contoh soal cpns yang mb punya?spt TIU, TKP dan TWK nya. Terima Kasih ya mbk atas bantuannya.emailnya :laskarurawa@gmail.com

    ReplyDelete
  161. assalamu'alaikum, wr,wb
    mbk...saya izin copy yang TIU.saya boleh minta softcopy untuk semua contoh soal cpns yang mb punya?spt TIU, TKP dan TWK nya. Terima Kasih ya mbk atas bantuannya.
    emailnya :goentoer03@gmail.com
    Sukses selalu ^_^

    ReplyDelete
  162. mbk, bisa minta sofcopy nya juga ngga?di email rossy_septyan@yahoo.com , mksh bgt mbk

    ReplyDelete
  163. saya jg tlg dkrm soal2 yg mba pnya ke elfrida.tuzanah@yahoo.co.id..mksh..

    ReplyDelete
  164. mbak saya minta softcopy nya juga mbak.
    kirim ke andhi_cha@yahoo.co.id atau nurrahmat.zr@gmail.com
    makasi

    ReplyDelete
  165. assalamualaikum mb..link untuk buat downloadnya saya coba membutuhkan wktu berjam jam lalu tidak berhasil mb..bisa bantu saya mb kirimkan ke email saya mb..di dwiselfi030486@gmail.com
    terima kasih sekali untuk bantuannya

    ReplyDelete
  166. Assalamualaikum mba...boleh minta CONTOH SOAL CPNS nya juga mba?
    email : Aquarius.naufal35@gmail.com
    terima kasih banyak...

    ReplyDelete
  167. Mbak saya jg mau minta softcopy
    Kirim ke uthi_pp@yahoo.co.id
    Trma ksh byk
    Smga Allah swt membalas kbaikan mbak

    ReplyDelete
  168. Mbak saya jg minta softcopynya..boleh?..ne email saya ogen_mamen@yahoo.com..smg kbaikn mbak sllu diridhoi allah..amin

    ReplyDelete
  169. Mau dong. Disini petrasrgh@gmail.com
    salam anak medan

    ReplyDelete
  170. salam...
    Mbak saya jg minta softcopynya..boleh?..ne email saya febiantje.lestuny@yahoo.com..thx,,sebelumnya...

    ReplyDelete
  171. Assalamualaikum
    Mbak saya jg softcopynya ,semoga mbaknya dapat banyak pahala Amin
    Rachmat.anugrah@ymail.com

    ReplyDelete
  172. mbak saya minta softcopy nya soal TWK, TIU, dan TKP nya ke alamat email saya,
    ernitamkp09@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  173. mbak saya juga boleh minta soft copinya..
    anggit.super@gmail.com
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete